Uu: 1 Muharam Momen Kebangkitan Umat Islam

101

TASIKMALAYA – Memperingati Taun Baru Islam 1440 Hijriah menjadi momentum kebangkitan umat Islam di seluruh dunia.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan salah satu yang ingin diwujudkan di tengah masyarakat Jabar yakni penerapan tanggal hijriah dalam kegiatan sehari-hari. Bukan hanya sebatas peringatan keagamaan saja.

patomas

Dia menyebutkan banyak kegiatan keagamaan yang menerapkan penanggalan Hijriah seperti bulan Ramadhan, Syawal, Nuzulul Quran, dan Zulhijah. Ia berharap penaggalan Hijriah bukan hanya sebatas momentum seremoni peringatan keagamaan saja melainkan masyarakat Jabar khususnya umat Islam hafal dan menggunakan penanggalan Hijriah dalam kehidupannya.

“Harapan kami seluruh warga muslim selalu hafal dan memakai tanggal Hijriah seperti yang sudah diterapkan di Kabupaten Tasikamalaya dengan format di atasnya hijriah sedang tanggal masehi tepat di bawahnya,” jelasnya kepada wartawan di desa Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, Selasa malam (11/9/2018).

Uu menambahkan penerapan tanggal Hijriah ini dilakukan agar masyarakat lebih mendekatkan diri terhadap kegiatan keagamaan.

“Jangan¬† sebaliknya lebih hafal tanggal masehinya dibanding tanggal Hijriah,” ujarnya.

Selain itu, Uu berharap Tahun Baru Islam 1440 H menjadi momentum persatuan 3 elemen masyarakat yakni ulama, politisi dan pengusaha yang dulu ada di dalam sosok Rosululloh Muhammad SAW.

“Jadi jangan saling gontok-gontokan. Selama tidak bersatu kita aka termajinalkan,” tegasnya.

Bulan Muharam ini, lanjut Uu, sering disebut bulan hijrah yang memiliki makna hijrah dari perilaku buruk menjadi baik juga hijrah dari tempat yang buruk ke tempat yang lebih baik lagi.

“Bulan Muharam ini juga sering disebut dengan bulannya Hijrah umat Muslim,” imbuhnya.

Uu menambahkan dalam puncak peringatan Tahun Baru Islam 1440 H, Pemprov Jabar berencana melakukan berbagai kegiatan yang meliputi Tablig Akbar dengan penceramah Ustazd Abdul Somad ,juga memberikan santunan kepada panti asuhan anak yatim.

“Kita sudah ajukan rencananya 10 Muharam akan digelar Tablig Akbar dengan menghadirkan ustazd Abdul Somad,” pungkasnya.***

(Red/Kj)

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!