Saluran Irigasi Bitung Sari, Ciawi Meluber ke Jalan

380

CIAWI, BOGOR – Buruknya saluran irigasi di jalan raya Warung Nangka – Rancamaya tepatnya di Desa Bitung Sari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor menyebabkan air meluber ke jalan saat hujan turun. Akibatnya, menuai protes dari penguna jalan dan warga setempat, karena aktivitas warga menjadi terhambat gara-gara ada genangan air di jalan tersebut dan hampir di sepanjang jalan itu mengalami kerusakan yang cukup parah. Bahkan tidak jarang, para pengendara roda dua terjatuh saat melintas diwilayah ini.

“Setiap musim hujan datang, pasti air meluber kejalan,” ungkap Syarif (45), warga Kampung Lebak Bulus RT. 01. RW. 02, Kelurahan Bojong Kerta, Bogor Selatan, Kota Bogor, Syarif (45) kepada Kanaljabar.com, Jum’at (1/11/2019).

patomas

Ia menyayangkan, meski kejadian itu berulang kali terjadi, namun belum ada tindakan dari Pemerintah Kota Bogor maupun Pemerintah Kabuputan Bogor tuk memperbaiki drainase tersebut. Sebab, lokasi banjir berada di dua wilayah tersebut.

“Sudah sepatutnya ini diperbaiki agar drainase berfungsi dengan baik terutama untuk menghindari banjir,” harapnya.

Diakuinya, pemicu banjir tersebut lantaran aliran air yang melewati gorong-gorong di bawah jembatan Bitung Sari tersumbat. Selain dipenuhi tumpukan sampah material banjir, gorong-gorong juga dipenuhi bekas puing-puing bangunan jembatan.

Itu terjadi karena setahun tahun lalu mobil truk pengangkut bahan material bangunan tol Bocimi ambruk saat melintas di atas jembatan itu.

“Sayangnya, waktu perbaikan jembatan saat itu semua bekas puing-puing bagunan jembatan yang ambruk kedasar sungai tidak diangkat keatas. Sehingga, gorong-gorong di bawah jembatan pun tersumbat,” paparnya.

Terkait hal itu, Kepala UPT Irigasi dan Pengairan wilayah VI Ciawi, Eka Sukarna saat di konfirmasi pri hal itu sedang tidak ada di tempat.

Reporter: Sandy

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!