Ratusan Pencetakan KIA Terlayani Dalam Program Giat Jembol Disdukcapil

119

CIBINONG, BOGOR – Ratusan berkas pengajuan untuk pencetakan kartu identitas anak (KIA) masuk dan terlayani oleh Disdukcapil dalam program satu hari Jemput Bola (JemBol) di Kecamatan Cisarua. Kegiatan ini bersamaan dengan program rebo keliling (Boling) Bupati Bogor, Hj. Ade Yasin di Smesco, Kampung Cipari, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor Jawa Barat (16/1/2019).

“Sebanyak 314 pengajuan pembuatan KIA pada saat itu bisa kami proses,” ungkap Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk melalui Kepala Seksi Identitas, Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Kabupaten Bogor, Endah Handayani kepada Kanaljabar.com, Senin (21/01/2019).

patomas
Kartu Identitas Anak.

Ia juga menuturkan bahwa pelayanan pada saat itu agak sedikit lama dikarenakan terdapat pengajuan bagi anak yang telah memiliki pass photo (diatas usia 5 tahun) dimana dalam prosesnya banyak yang harus melewati editing terlebih dahulu.

“Tidak seperti bagi anak yang belum memiliki pass photo (usia 0 – 5 tahun) usianya, cukup hanya input data saja karena pada kartunya pun memang tidak tertera photo si anak,” lanjutnya.

Masih menurut Endah, khusus di Kabupaten Bogor, KIA masih sebatas identitas anak saja. Berbeda dengan di beberapa daerah lain, KIA sudah bisa disertakan sebagai syarat penunjang berbagai kemudahan kehidupan sosial di masyarakat. Seperti contohnya, potongan harga (diskon) pembelanjaan.

Terpisah, Kepala Bidang Catatan Sipil, Trini pun mengamini penjelasan tersebut.

“Terdapat sebanyak 300 lebih berkas pengajuan pembuatan Akta Kelahiran bagi anak pada saat itu,” paparnya.

“Mudah-mudahan kedepan, semoga lebih meningkat lagi, karena Akta Kelahiran memang harus dimiliki oleh anak,” tandasnya.

Reporter : Wandona

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!