Plt Kadiskomimfo Resmi Buka Acara Orientasi PWI

282

Cibinong, Bogor (KANALJABAR) – Plt Kadiskominfo Kabupaten Bogor, Kardenal menyambut baik dan mengapresiasi terhadap pengurus dan seluruh jajaran Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor yang telah berupaya mewujudkan dan menyelenggarakan kegiatan Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar Angkatan ke 1 yang dilaksanakan di Gedung Tegar Beiman Cibinong, Rabu (21/08/2019).

Pendidikan dan pelatihan tentang jurnalistik angkatan ke 1 ini mengambil tema “Dengan Orientasi Organisasi PWI, Kita Wujudkan PWI Kabupaten Bogor yang Profesional, Berkompoten dan Independen, Mendukung Kabupaten Bogor Nyaman, Maju dan Berkeadaban” bertujuan untuk menjaring anggota baru PWI Kabupaten Bogor.

patomas

“Pada kesempatan yang baik ini atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor berharap kerjasama yang baik dapat terus terjalin sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Dan Kegiatan Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar Angkatan ke 1 ini sangatlah penting untuk mewujudkan wartawan yang profesional,” ungkap Kardenal saat membacakan sambutan Bupati Bogor Ade Yasin dalam acara Orientasi Organisasi PWI Kabupaten Bogor Tahun 2019.

Ia pun mengingatkan, untuk menuju wartawan yang profesional sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers tentunya diperlukan pemahaman tentang ilmu jurnalistik. Sebab dalam menjalankan profesinya wartawan adalah orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik berupa mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar,serta data dan grafik, maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran informasi lainnya.

Lanjut dia, peran media massa sebagai kontrol sosial melalui karya jurnalistik para wartawan merupakan hal yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan  penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. Disamping itu pula media massa yang menjadi saluran informasi kepada masyarakat juga berfungsi sebagai sarana informasi kepada pemerintah atas pelayanan yang diberikan.

“Oleh sebab itu diperlukan para jurnalistik yang memahami aspek-aspek jurnalistik secara baik dan benar sehingga diperoleh informasi yang seimbang, akurat dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Kepada para peserta Diklat, ia berpesan agar kesempatan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna menunjang fungsinya sebagai wartawan.

“Dan kepada PWI Kabupaten Bogor agar kegiatan ini terus dilaksanakan secara bertahap sehingga menciptakan kompetensi wartawan yang profesional,” pesan Kardenal.

Sementara, turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Kabupaten Bogor, Ketua Panitia Diklat PWI Kabupaten Bogor M. Dauri, Ketua PWI Kabupaten Bogor H,Subagyo,S.IP, Dewan Pembina PWI Kabupaten Bogor H.Bustanul Daham, Seketaris PWI Jabar Wawan Kusmana mewakili ketua PWI Jabar, Para calon wartawan PWI  peserta Diklat sejumlah 200 peserta.

Reporter: Rasum

Editor: A.S Nasution

COPYRIGHT © KANALJABAR 2019

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!