Perumda Tirta Pakuan Bidik 3000 Sambungan MBR

165

Kota Bogor (KANALJABAR) – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor akan menggulirkan sebanyak 3.000 sambungan baru bagi kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) pada 2020 ini.

Direktur Teknik Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Maulana mengatakan program itu merupakan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR).

patomas

“Mulai tahun ini program tersebut akan kita gulirkan. Mudah-mudahan lewat program ini dapat mengatasi masalah sulitnya akses air minum bagi masyarakat berpenghasilan rendah, ” ungkap Maulana kepada Kanaljabar.com usai acara dalam rangkaian HUT ke-43 Perumda Tirta Pakuan di Aula Instalasi Pengolahan Air Dekeng,  Selasa (10/3/2020) siang.

Diakuinya, pada akhir 2019 lalu pihaknya telah melakukan pendataan terhadap masyarakat untuk diusulkan dalam program MBR tersebut termasuk mengumpulkan persyaratannya.

“Dan pada akhir 2019 lalu kami diminta oleh pusat untuk mengumpulkan persyaratannya. Mulai dari pengunaan daya listrik yang digunakan kurang dari 1.200 VA, kemudian rumahnya ketegori rumah tidak layak huni (RTLH) dan lainnya. Kita usulkan jumlah 3.000 lebih,” kata Maulana sembari mengatakan program MBR ini ditargetkan di 12 lokasi dengan rincian 10 lokasi di Kecamatan Bogor Barat dan 2 lokasi di Kecamatan Bogor Utara.

Selanjutnya, kata dia, setelah dilakukan kroscek dan dinilai telah memenuhi persyaratan oleh KemenPUPR maka program tersebut dilaksanakan dengan diawali pemasangan pipa ke daerah layanan.

Kendati, kata dia, pemasangan pipa dilaksanakan oleh Perumda Tirta Pakuan dengan pembiayaan melalui dana Penyertaan Modal Pemerintahan (PMP).

“Tapi pelaksanaannya oleh kita dulu, seperti pemasangan pipa. Ini dari PMP, karena persyaratan MBR harus ada PMP. Setalah itu nanti bulan Oktober dari pusat akan mengecek lagi langsung ke pelanggan, diverifikasi, baru turun dana per pelanggan sebesar Rp3 juta. Tapi dananya akan masuk ke kas daerah,” terangnya.

Reporter: Dedy Yusmadi

Editor: A.S Nasution

COPYRIGHT©KANALJABAR 2020

 

 

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!