Peringati 10 Muharram, H. Burhan Santuni Anak Yatim

Reporter: Sahdy

127

Cisaat, Sukabumi (KANALJABAR) – Dalam rangka memperingati 10 Muharram 1441 H/2019 M, H. Burhan menyantuni 2000 anak yatim di Kampung Cipari, Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (10/09/2019). Sebab, selain berpuasa menyantuni anak yatim adalah salah satu amalan sunah yang disarankan Nabi Muhammad SAW.

“Itu menjadi dasar kami melaksanakan santunan yatim piatu tiap 10 Asyura. Dan alhamdulillah, tahun ini ada 2000 anak yatim se-Kecamatan Cicurug yang kami santuni,” kata, H. Burhan kepada Kanaljabar.com di Cisaat, Selasa.

patomas
               H. Burhan

Lanjut Burhan yang juga tokoh alim ulama di Kecamatan Cicurug ini menegaskan, barang siapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim di hari Asyura tanggal 10 Muharram, maka Allah akan mengangkat derajatnya, dengan setiap helai rambut yang diusap satu derajat.

“Keutamaannya, barangsiapa yang mengusap kepala anak yatim semata-mata karena Allah, niscaya Allah memberikan 10 kebaikan pada setiap helai rambut yang diusapnya,” kata Burhan menambahkan.

Kendati, diakuinya, momen itu tidak pula dimaksudkan bahwa santunan kepada anak yatim hanya berlangsung pada tanggal 10 Muharram. Melainkan, menyantuni anak yatim bisa dilakukan kapanpun dan di manapun.

“Tapi diterangkan dalam sebuah hadits bahwa Rasulullah SAW sangat menyayangi anak-anak yatim. Dan beliau lebih menyayangi lagi pada hari Asyura tanggal 10 Muharram,” jelasnya.

Sementara turut hadir dalam acara santunan tersebut diantaranya Kapolsek Cicurug, para-Kepala Desa se-Kecamatan Cicurug, Linmas dan masyarakat sekitar.

Editor: A.S Nasution

COPYRIGHT © KANALJABAR 2019

 

 

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!