Pemkab Bogor dan Yayasan Korindo Berkolaborasi Bangun Hutan Kota

94

Cibinong, Bogor (KANALJABAR) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menjalin kerjasama dengan yayasan korindo bersama membangun hutan kota di sekitaran Stadion Pakansari, Cibinong seluas 2 Hektar, Sabtu (30/11/2019).

Ketua Yayasan Korindo, Robert Seung menjelaskan, bahwa kolaborasi yang dilakukan antara Korindo dengan Pemkab Bogor untuk membangun hutan kota yakni bertujuan sebagai melestarikan lingkungan dan menjaga alam sekitar.

patomas

“Pada kesempatan ini kami berkolaborasi dengan Pemda Bogor, bermaksud membangun hutan kota seluas kurang lebih 2 hektare, di sekitaran stadion Pakansari,” ujarnya.

“Walaupun hanya hutan kecil, kami harapkan nantinya dapat berfungsi sebagai paru-paru kota di Kabupaten Bogor. Ke depannya kami berharap dapat membangun hutan kota lainnya di Kabupaten Bogor maupun di wilayah lainnya di Indonesia secara berkelanjutan,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan Pemerintah Daerah memiliki kewajiban untuk menyediakan ruang terbuka hijau publik sebanyak 20 persen dan ruang terbuka hijau private 10 persen sehingga total menjadi 30 persen ruang terbuka hijau wilayah kota.

“Dengan pembangunan hutan kota Pakansari merupakan upaya pemenuhan ruang terbuka hijau di perkotaan, sekaligus sebagai kantong resapan air serta mampu menjaga kelestarian dan keseimbangan ekosistem perkotaan,” ujarnya.

Ia juga mengatkan, hutan kota yang dibangun diharapkan mampu memiliki fungsi Hydro-Orologis, perlindungan tata tanah air dan udara, mengkonservasi keanekaragaman hayati, mengendalikan iklim mikro, keindahan lanskap dan tempat rekreasi serta tempat pendidikan dan penelitian. Tentunya hal ini sangat senjalan upaya menjadikan Kabupaten Bogor sebagai The City Of Sport And Tourism.

Bupati Bogor mengaku senang lantaran kolaborasi yang terjalin antara Pemkab Bogor dan Korindo terkait pelestarian lingkungan dengan cara membuat hutan kota.

“Sangat berbahagia saya didukung oleh Korindo Grup. Harib ini kita menanam pohon yang besar sekali manfaatnya,” ungkapnya.

“Tanaman ini adalah untuk hutan kota. Tanaman ini langsung ditanami oleh Korindo Grup. Hari ini kita menanam dan manfaatnya akan bermanfaat dikemudian hari,” sambungnya.

Lebih lanjut, Ade Yasin mengatakan bahwa hutan kota akan sangat bermanfaat untuk masyarakat lantaran lingkungan menjadi asri.

“Ruang hijau ini penting resapan air dan juga keseimbangan lingkungan hidup. Hari ini kita menanam 2000 pohon. Mari kita jaga lingkungan dengan tulus ikhlas,” paparnya.

“Tanah yang diperuntukkan hutan hijau yakni diarea Pakansari. Dirawat oleh Korindo selama 3 tahun. Setelah itu tugas kita berdama untuk melanjutkan,” sambungnya.

Pembukaan acara pembangunan hutan kota ini ditandai dengan penanaman bibit-bibit pohon yang dilakukan oleh Bupati Bogor Ade Yasin, Senior Vice President Korindo Group Robert Seung, General Secretary Yi Sun Hyeong, Deputy of South Korea Ambassador in Indonesia Jeon Joyoung, dan pejabat-pejabat daerah Bogor lainnya.

Editor: A. S Nasution

COPYRIGHT © KANALJABAR 2019



Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!