Masyaraat Harus Pahami Gejala DBD

159

BANDUNG-Kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) yang dirawat di Rumah Sakit  Hasan Sadikin (RSHS) Bandung saat ini mengalami peningkatan dari biasanya, yaitu mencapai 50 orang selama bulan Januari 2019 ini atau meningkat lima kali dibanding rata-rata setiap bulannya.

Menyikapi masalah tersebut, Kepala Divisi Infensi Kelompok Staf Medis Anak RSHS Bandung, Djatnika Setiabudi mengimbau kepada masyarakat untuk memahami gejala DBD serta secepatnya membawa pasien ke rumah sakit.

patomas

“Gejala DBD yaitu demam yang mendadak tinggi secara terus menerus selama 2-7 hari, tapi tentu kita patokannya lebih dari 2×24 jam, apalagi kalau disertai mual-mual, muntah, nyeri perut dan tidak jelas penyakit lain,” ucapnya.

Menurut Djatnika, kalau gejala tersebut terjadi 2×24 jan dan disertai nyeri-nyeri untuk segera dibawa ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lain yang terdekat untuk mendapatkan penanganan segera.

“Kita akan mengetahui DBD atau bukan dari hasil pemeriksaan darah, penanganan awal tentu kalau anak demam pemberian minum yang banyak itu bayak manfaatnya, pertama bisa mempercepat turun suhu dan secepatnya di bawa ke fasilitas kesehatan,” tuturnya.***

(Red/KJ)

 

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!