Lewat Seminar, FKT Ajak Pelajar Jauhi Narkoba

314

Cibinong, Bogor (KANALJABAR) – Dalam rangka memperingati hari Pahlawan, ratusan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) se-Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor mengikuti seminar tentang bahaya narkoba, Senin (11/11/2019).

Mengangkat tema “Bogor Bisa, Berkarya Nyata Tanpa Narkoba” itu menurut Ketua Forum Karang Taruna (FKT) 3 Kecamatan Cibinong, Dian Asmara sebagai wujud keprihatinan karena semakin maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat, khususnya pelajar memberikan dampak buruk dan efek ketergantungan terhadap pemakainya. Sehingga memicu tindakan kriminalitas serta menggangu kehidupan tatanan sosial kemasyarakatan.

patomas

Hal itulah yang melatarbelakangi FKT menyelengarakan seminar tersebut dengan menggandeng Disnas Pendidikan (Disdik), Dinsas Sosial (Dinsos), Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Bogor, Polres Bogor, SC 234, Ngariung Kuy (Sukaraja) dan Komunitas Partim.

“Lewat momentum peringatan hari pahlawan tahun ini, kami mengingatkan kembali para pelajar di Kecamatan Cibinong bagaimana menjaga serta mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan para pahlawan kita kedalam hal-hal yang positif. Misalnya dengan menjaga pola hidup yang sehat. Dengan demikian, mereka tidak akan lagi terjerumus kedalam penyalahgunaan narkotika,” ujar Dian Asmara, kepada Kanaljabar.com di sela acara tersebut, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Senin.

“Mudah-mudahan, kegiatan ini menjadi sarana edukasi, motivasi agar pemuda memiliki pola hidup sehat. Dan jauh dari Narkotika,” harap Dian.

Disamping itu, lanjut Dian, seminar ini juga sekaligus memperkenalkan organisasi karang taruna sebagai organisasi pemuda. Sehingga, bagi para pelajar yang sudah terbiasa ber-organisasi (OSIS) di masing-masing sekolah, kelak mereka bisa bergabung untuk menjadi anggota/pengurus karang taruna.

“Kami ingin mereka juga melihat bahwa organisasi karang taruna nyata berkontribusi, melakukan hal-hal positif. Sebagai contoh hari ini, kami menyediakan fasilitas berupa tenda-tenda untuk para UMKM agar mereka bisa memperkenalkan masing-masing produk dari usaha mereka secara gratis tanpa perlu menyewa fasilitas tersebut,” sebut pria berkepala plontos ini.

Ishaq Mustaqim mantan gangster asal Negara Kanada, USA saat menyampaikan materi tentang bahaya narkotika dihadapan ratusan pelajar, di gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (11/11/2019). (Foto: Wandona/Kanaljabar.com).

Sementara, pantauan media ini dilokasi, acara pun di kemas sedemikian apik, para remaja (pelajar) tetap antusias mengikuti acara hingga akhir (waktu sore hari) seminar ditutup. Dengan menghadirkan beberpa narasumber yang kompeten diantaranya Ishaq Mustaqim seorang (mu’alaf) mantan pemimpin gangster dari Kanada (USA), dan seorang musisi (Rock) kenamaan Edi Kemput. Dimana diakhir acara tim redaksi berkesempatan mewawancarai mantan pimpinan genster asal Negara Kanada itu sebagai berikut:.

“How to against of the drugs? Masya Allah, today is a beautiful day for me in Indonesia, the number one thing we sould do is to really focus with religion and choose of friend, insya Allah (bagaimana cara melawan narkoba? Masya Allah, hari ini adalah hari yang indah bagi saya di Indonesia, hal pertama yang harus dilakukan yakni benar-benar fokus terhadap ajaran Agama dan memilih teman, insya Allah),” kata Ishaq.

Reporter : Wandona

Editor: A. S Nasution

COPYRIGHT © KANALJABAR 2019

 

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!