Kelurahan Pondok Rajeg Gelar Musrenbang 2021

Reporter: Wandona Muchtar

406

Cibinong, Bogor (KANALJABAR) – Pemerintah Kelurahan Pondok Rajeg menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) untuk Tahun Angaran 2021 di Aula Kantor Kelurahan Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (20/01/2020).

Masyarakat Kelurahan Pondok Rajeg/peserta Musrenbang turut menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Mars Kabupaten Bogor, Senin (20/01/2020). (Foto: Wandona/Kanaljabar.com)

 

patomas

Acara awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Mars Kabupaten Bogor. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bupati Bogor yang disampaikan oleh Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan pada Kecamatan Cibinong, Juarsih Haryani S.E, MM atau yang akrab disapa bu Ai.

Ia mengingatkan bahwa Kelurahan merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat sekaligus menjadi penilaian pertama kualitas penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Bogor.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan tingkat Kecamatan Cibinong, Juarsih Haryani S.E, MM (Ai) sedang menyampaikan sambutan Bupati Bogor, Ade Yasin sekaligus mengawali kegiatan Musrenbang di Kelurahan Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (20/01/2020). (Foto: Wandona/Kanaljabar.com)

 

“Kondisi masyarakat kelurahan yang dinamis, kritis dan modern menuntut kelurahan untuk menyiapkan segala kebutuhan masyarakat. Hal ini terlihat jelas setelah adanya ketentuan pemerintah baik pusat maupun daerah terus hadir dalam memberikan perhatian kepada pemerintahan kelurahan ataupun desa. Kondisi inilah yang menuntut masyarakat kelurahan semakin kritis terhadap adanya para pemerintah yang hadir untuk memberikan pelayanan prima,” kata Juarsih saat membacakan sambutan Bupati Bogor Ade Yasin.

Lurah Pondok Rajeg, Asnari S.Sos sedang memberikan sambutan pada kegiatan Musrenbang, Senin (20/01/2020). (Foto: Wandona/Kanaljabar.com)

 

Lanjut dia, menambahkan, kelurahan harus diberikan ruang yang optimal dalam menyingkronkan antara ketentuan yang terdapat dalam peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) nomor 130 tahun 2018 tentang kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat dengan target-target dalam program “Panca Karsa” serta menjadikan kelurahan sebagai pendukung utama terwujudnya Branding “Sport and Tourism”.

Lurah Pondok Rajeg, Asnari S.Sos sedang menanda tangani berita acara Musrenbang Kelurahan, Senin (20/01/2020). (Foto: Wandona/Kanaljabar.com)

 

Selain itu, Bupati juga menekankan beberapa poin penting dalam Musrenbang tersebut diantaranya:

  1. Memahami dan mensosialisasikan dengan baik apa yang dimaksud dengan perogram Panca Karsa serta menjadikannya sebagai arah pembangunan di kelurahan.
  2. Dalam Panca Karsa tersebut, prioritaskan program-program yang dapat meningkatkan kualitas masyarakat, yaitu: peningkatan kualitas pendidikan, kualitas kesehatan, peningkatan daya saing ekonomi dan optimalisasi tekhnologi, pembenahan infrastruktur dan kelestarian lingkungan serta peningkatan ke-Salehan sosial.
  3. Implementasikan program-program tersebut dengan sebaik-baiknya dan dukung target-target Panca Karsa.
Ketua LPM kelurahan Pondok Rajeg, H. Mustofa Kamal sedang memaparkan realisasi pembangunan yang sudah tercapai tahun angaran 2019, Senin (20/01/2020). (Foto: Wandona/Kanaljabar.com)

 

Dengan demikian, diharapkan tidak ada lagi sekolah-sekolah yang rusak dan membahayakan siswa. Tidak ada lagi Puskesmas yang tidak layak, tidak akan ada lagi permasalahan sampah dan hal-hal lain yang menjadi tanggung jawab kelurahan serta perangkat daerah.

Kantor Kelurahan Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (20/1/2020). (Foto: Wandona/Kanaljabar.com)

 

Meng-akhiri sambutannya, Bupati berpesan, “Selamat bermusyawarah untuk mendapatkan kesepakatan bersama,” pungkas Juarsih (Ai’) menyampaikan.

Sementara itu, Lurah Pondok Rajeg, Asnari S.Sos memaparkan realisasi dari target-target capaian sebelumnya yakni mencapai 100 persen.

“Alhamdulillah, target-target pembangunan sebelumnya 100 persen tercapai,” ungkap Asnari.

Ia juga menjelaskan bahwa telah melakukan Pra-Musrenbang bersama para perwakilan warga (RT/RW), sehingga pada saat Musrenbang, usulan yang telah terserap sudah bisa disampaikan rekapitulasinya.

“Pra Musrenbang tahun ini semua usulan warga Pondok Rajeg terserap sebanyak 50 aspirasi, 47 untuk pembangunan fisik infra struktur dan 3 rencana pembangunan non infrastruktur atau pemberdayaan masyarakat,” papar Asnari.

Pantauan media ini dilokasi, acara Musrembang berlangsung ‘hangat’ penuh keakraban dan ditutup dengan doa bersama.

(Adv)

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!