Harga Bawang Putih di Pasar Ciawi Bogor Tembus Rp80 per-Kilogram

114

Ciawi, Bogor (KANALJABAR) – Harga komoditas bawang putih di Pasar Ciawi, Kabupaten Bogor, saat ini tembus mencapai Rp80 ribu per kilogram, Sabtu (15/02/2020).

“Naik dua kali lipat. Sebelumnya hanya Rp40 ribu per kilogram. Memasuki minggu kedua bulan Februari ini harganya langsung melonjak menjadi Rp80 ribu per kilogram,” unkap Erpan (38) karyawan Pasar Ciawi kepada Kanaljabar.com, Sabtu

patomas

Menurutnya, kenaikan bumbu masak itu lantaran tingginya intensitas hujan sejak awal tahun 2020 yang mengakibatkan petani bawang putih banyak mengalami gagal panen.

“Juga adanya pembatasan impor bawang putih dari China mengakibatkan stok menipis sehingga harga komoditas tersebut melonjak tajam,” kata Erpan menambahkan.

Naiknya harga bawang putih tersebut dikeluhkan para ibu rumah tangga (IRT)  yang sedang berbelanja di Pasar Ciawi karena kaum emak-emak tersebut terpaksa mengelurkan biaya tambahan untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Mama Adel (36), seorang pembeli yang juga ibu rumah tangga tersebut mengeluhkan harga bawang putih naik cukup tinggi dari harga biasanya. Padahal komoditas ini paling banyak dicari ibu-ibu sebagai pelezat masakan bumbu dapur.

“Minggu lalu masih Rp40 ribu per kilogram, tapi hari ini naik lagi jadi Rp80 ribu per kilogram. Duh makin pusing aja karena uang belanja dari suami juga terbatas,” ujar Mama Adel kepada Kanaljabar.com saat berbelanja di Pasar Ciawi, Sabtu (15/02/2020).

Ia berharap harga komoditas ini dapat kembali ke harga normal sehingga tidak memberatkan dirinya maupun pembeli yang lainnya.

Reporter: Alimin

Editor: A.S Nasution

COPYRIGHT©KANALJABAR 2020

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!