Dukung Dewan Pers, Kanaljabar.com Gelar Rapat Redaksi Bahas Persiapan Verifikasi Media dan UKW

146

CIAWI, BOGOR – Pemimpin Redaksi Kanaljabar.com, Adam Saleh Nasution menegaskan, mendukung verifikasi media (perusahaan pers) dan UJi Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilakukan Dewan Pers.

Guna menindaklanjuti aturan itu, pihak manajemen Kanaljabar.com rencananya sore ini pada pukul 15.00 WIB akan mengelar rapat redaksi bersama Pimpinan Utama, H. Ahmat Baeti Firdaus, Spd, SH, MM, MSI, Pemimpin Redaksi, Adam Saleh Nasution, Wakil Pemimpin Redaksi Rahmat Sunarya SE dan segenap wartawan Kanaljabar.com untuk bersama-sama membahas dua agenda penting tersebut di ruang rapat (meeting room) Kanaljabar.com.

patomas

“Intinya, Kanaljabar.com mendukung verifikasi media dan UKW yang di lakukan Dewan Pers. Sebab, verifikasi media sangat baik dan penting bagi masa depan pers itu sen­diri,” kata Pemimpin Redaksi Adam Saleh Nasution di Kantor Redaksi Kanaljabar.com alamat Puri Mas Regency, Blok A7 Nomor 3, Bitung Sari, Ciawi, Bogor, Sabtu.

Kantor ruang rapat (meeting room) redaksi.

Kendati, diakuinya, perusahaan media yang dipimpinnya itu terhitung sejak tahun 2018 lalu sudah terdapt resmi di Dewan Pers. Hanya saja belum terverifikasi faktual dan administrasi.

“Alhamdulillah Kanaljabar.com sudah terdaptar di Dewan Pers sejak 2018 lalu. Namun perlu kita tingkatkan dari status terdaptar menjadi terverifikasi faktul dan admnistrasi,” terang pria pemegang kartu Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan pertama pada 4 Januari 2014 lalu, di Iinstitu Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta.

Ia menambahkan, ada 11 jenis persyaratan yang harus di miliki oleh pelaku bisnis media dalam menuju proses verivikasi diantaranya melampirkan Fotocopy Akte Pendirian Perusahaan, Fotocopy surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI, mengisi isian Formulir Pendaftaran di Dewan Pers, memiliki Kode Etik Internal Perusahaan, Peraturan Perusahaan disahkan oleh Kementerian Tenaga Kerja RI/Dinas Tenaga Kerja, Foto-foto ruangan kerja, studio (untuk penyiar), ruang rapat redaksi, Peralatan kerja, Slip gaji: jenjang wartawan muda/reporter muda, Asuransi/Jaminan untuk wartawan, SOP perlindungan wartawan, Visi dan Misi Perusahaan dan Logo Perusahaan Pers (sofcopy hight resolution).

Reporter Kanaljabar.com.

“Dari 11 persyaratan proses verifikasi media, 90 persen persen diantaranya sudah kita jalankan,” papar bang Anas, pangilan akrabnya.

Pihaknya menargetkan, untuk menuju proses verifikasi faktual dan administrasi akan di lakukan sekitar bulan Mei 2019.

“Sekarang kita lengkapi dulu persyaratan yang masih kurang, kalau sudah lengkap di bulan Mei ini kita akan usulkan ke Dewan Pers untuk dilakukan verifikasi faktual dan administrasi,” tegasnya.

Sementara, untuk Uji Kompetensi Wartawan akan di lakukan pada bulan Oktober 2019.

“Mudah-mudahan di akhir tahun 2019 ini, semua wartawan Kanaljabar.com sudah lolos UKW,” harapnya.

Pimpinan Utama, Pimpinan redaksi dan para Dewan Pembina dalam rangka ulang tahun Kanaljabar.com ke IV tahun 2018.

Terkait hal itu, Pimpinan Utama Kanaljabar.com, H. Ahmat Baeti Firdaus pun mengamini dua agenda penting tersebut, dan akan mendukung di laksanakan pada tahun 2019 ini.

“Jadi tidak ada alas an bagi saya untuk tidak mendukung. Sebab, penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan verifikasi perusahaan media tidak lain untuk memastikan pemenuhan standarisasi profesionalitas baik perusahan persnya maupun wartawannya sendiri,” jelasnya.

Pimpinan Utama Kanaljabar.com, H. Ahmad Baeti Firdaus (tengah) dalam acara peresmian Kantor Kanaljabar.com 2017. (Foto: Dok/Kanaljabar.com).

Diakuiny, dalam era reformasi ini citra profesi wartawan tercoreng karena ulah oknum yang tidak kompeten dalam menjalankan praktik kewartawanan.

“Jadi menurut saya, uji kompetensi bagi wartawan dan verifikasi perusahaan media adalah sarana untuk mengukur terpenuhinya pers sehat dan bertanggungjawab,” tutup Baeti.

Reporter: Wandona

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!