DPMD Gelar Bimtek Tentang Penyaluran Dana Bagian Desa Berbis Online

166

Cisarua, Bogor (KANALJABAR) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor mengelar bimbingan teknis (Bimtek) tentang pengunaan aplikasi penyaluran dana bagian desa berbasis online. Pelatihan ini dibagi menjadi lima angkatan, dan diikuti 494 orang yang terdiri dari 416 staf desa, 39 orang staf kecamatan, dan 39 pendamping desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Ade Jaya Munadi mengatakan, pelatihan ini bertujuan agar peserta yang berasal dari unsur desa, kecamatan dan pendamping desa memahami dan dapat melakukan proses pengolahan dan pencairan dana bagian desa dengan menggunakan aplikasi berbasis online.

patomas

Selama pelatihan mereka akan dibekali materi bimbingan teknis aplikasi, kebijakan tanda tangan elektronik, dan kebijakan dana desa tahun anggaran 2020.

“Aplikasi ini adalah tuntutan dan permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang harus dipenuhi agar dana yang besar dapat dikelola secara tertib, cepat, dan transparan,” terang Ade kepada awak media di Hotel Taman Teratai, Kecamatan Cisarua (10/12/2019).

Ia menambahkan, era desa sekarang berubah, membangun itu harus dari desa. Kini uang yang dikelola oleh desa sangat besar maka harus mengutamakan prinsip akuntabel dan transparansi. Kalau tidak dikelola dengan tertib dan bertanggung jawab jangan harap bisa edektif dan sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai.

“Oleh karena itu, bimtek ini adalah bagaimana peserta dilatih menggunakan aplikasi penyaluran dana bagian desa secara online, aplikasi ini akan difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, mudah-mudahan aplikasi ini bisa diterapkan pada tahun 2020,” paparnya.

Reporter : Alimin

Editor : A.S Nasution

COPYRIGHT © KANALJABAR

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!