Dibalik Kesulitan Ada Kemudahan

160

KANALJABAR – Kita mesti yakin bahwa dunia ini bulat. Karenanya segala sesuatu yang terjadi di dunia ini bersifat sementara. Kaya sementara, susahpun bersifat sementara, tak ada yang kekal. Setelah lapar akan ada kenyang, setelah sakit akan ada kesembuhan. Setiap yang hilang pasti akan ketemu juga. Dalam kesulitan ada kemudahan dan dalam setiap kegelapan akan ada terang benderang.

Saat kita melihat hamparan padang sahara yang seolah memanjang tanpa batas, ketahuilah bahwa di balik kejauhan itu kita akan menjumpai kebun yang rimbun penuh hijau dedaunan.

Setiap tangisan akan berujung dengan senyuman, ketakutan akan berakhir dengan rasa aman dan kegelisahanpun akan berubah menjadi kedamaian.

Di bulan ramadhan penuh keberkahan ini akan Allah ajarkan kesabaran kepada kita dalam menghadapi berbagai hal yang dihadapkan kepada kita. Karena itu, jangan pernah merasa terhimpit sejengkalpun, karena setiap keadaan pasti akan berubah. Ingatlah bahwa sebaik baik ibadah menanti kemudahan dengan sabar.

Begitupun hari demi hari akan bergulir, tahun demi tahun akan berganti, malam demi malampun akan datang silih berganti. Namun jangan lupa setelah kesulitan akan datang dengan sendirinya kemudahan.

Oleh:
Drs. H. Bahrul Ulum, M.Pdi
Dewan Pakar PATOMAS Bidang Kajian Agama Islam
Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!