Delapan Kota/Kabupaten di Jabar Gelar Pilkada Serentak 2020

199

Sukabumi (KANALJABAR) – Sebanyak delapan kota dan kabupaten di Jawa Barat akan menggelar Pilkada serentak pada bulan September 2020 mendatang.

“Iya betul, ada 7 kabupaten dan 1 kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2020 ini yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, dan Kota Depok,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat, Rifqi Ali Mubaroq kepada Kanaljabar.com, Sabtu (15/02/2020).

patomas

Lanjut Rifqi, menambahkan, sejauh ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU di masing-masing kota/kabupaten untuk melakukan persiapan guna mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Kami sudah koordinasikan dengan semua KPU kota dan kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada Serentak. Pertama mereka menyususun kebutuhan anggaran sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku. Kemudian berkomunikasi dengan pemerintah daerah setempat untuk ketersediaan anggaran,” kata Rifqi menambahkan.

Diakuinya, dari delapan kota/kabupaten itu hampir rata-rata mengajukan Rp80 miliar.

“Paling besar itu Kabupaten Bandung sekitar Rp 99 miliar dan terkecil Kabupaten Pangandaran Rp 34 miliar,” sebutnya.

Sementara itu, saat disinggung terkait soal aturan Pilkada serentak 2020, pihaknya masih menunggu keputusan dari KPU pusat.

“Sejauh ini KPUD Jawa Barat masih menunggu aturan KPU pusat terkait Pilkada serentak. Apakah masih menggunakan aturan lama atau aturan baru.” katanya.

Kemudian ia menjelaskan, apabila, anggaran APBD kota dan kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2020 tersebut sudah ditetapkan, maka persiapan selanjutnya adalah pengadaan logistik, honor Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga honor Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga biaya sosialisasi, biaya pemuktahiran data pemilih, biaya bimbingan teknis (bimtek) dan lain sebagainya.

Reporter: Hadi Haryono

Editor: A.S Nasution

COPYRIGHT©KANALJABAR 2020

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!