Bogor Street Festival Cap Go Meh 2020 Ajang Seni Budaya Pemersatu Bangsa

407

Kota Bogor (KANALJABAR) – Bogor Street Festival (CGM) 2020 sukses digelar di Jalan Suryakencana hingga Jalan Siliwangi, Kota Bogor, Sabtu (8/2/2020) siang.

Ribuan pengisi acara tampak atraktif menghibur warga. Cuaca cerah turut menambah kesempurnaan acara yang dibanjiri sekitar ratusan ribu masyarakat di jalur ‘naga‘ sepanjang 2 kilometer tersebut.

patomas

Suasana pun makin sejuk ketika dilakukan doa bersama lintas agama. Enam pemuka dari enam agama yang diakui di Indonesia pun memanjatkan doa sebagai bentuk syukur atas kebersamaan dalam keberagaman sebagai warisan leluhur.

Wali Kota Bogor, Bima Arya dalam sambutanyanya sebagai tuan rumah mengatakan Bogor Street Festival merupakan helatan kesenian dan kebudayaan untuk semua kalangan. Bogor Street Festival merupakan helatan kesenian dan kebudayaan untuk semua kalangan.

Bogor Street Festival (CGM) 2020, Sabtu (8/2/2020). (Foto: Dede Mamad)

“Hari ini segala rupa manusia ada di depan kita. Ada yang lansia, ada juga yang balita. Ada tentara, ada juga warga biasa. Semua agama juga ada di sini. Seluruh warna bisa dilihat ada di sini. Tujuannya pasti macam-macam. Ada yang ke sini karena ingin melihat atraksi kesenian, ada yang mau wisata kuliner, ada pula yang ingin cari jodoh,” ungkap Bima.

“Apapun tujuannya datang ke sini, yakinilah semuanya ada di sini untuk menikmati dan merayakan hal yang sangat luar biasa yang ada di Kota kita tercinta, yaitu kerukunan dan kebersamaan. Tidak mungkin Bogor Street Festival CGM ini bisa ada kalau kita tidak rukun. Tidak mungkin ini bisa terselenggara dengan baik kalau tidak ada kebersamaan diantara kita. Banyak yang penting, tapi yang paling penting dari semua adalah kebersamaan kita. Tidak mungkin kita melangkah ke depan tanpa kita semua bersama,” tambahnya.

Bima menambahkan, Bogor Street Festival CGM ini bukan sekedar hiburan semata.

“Ada tari-tarian tetapi Insya Allah ini pun lebih dari sekedar kebudayaan. Ini adalah bukti bahwa Kota Bogor memiliki kerukunan dan kebersamaan yang kuat dari masa ke masa. Inilah Kota Bogor, inilah Indonesia. Saya berterima kasih kepada TNI/Polri, panitia, warga dan semua pihak yang telah berjibaku sehingga acara ini berjalan dengan tertib,” ujar Bima.

Bima mengaku bahwa secara teknis penyelenggaraan Bogor Street Festival CGM 2020 sudah lebih baik lantaran masuk dalam Top 100 Calender of Event dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif.

“Secara teknis lebih baik dari tahun lalu, karena ada asistensi dari Kemenpar. Tadi digaris bawahi oleh Pak Menteri adalah merayakan perbedaan. Kita ingin tunjukan bahwa orang Bogor sangat menghargai keberagaman, kota yang toleran,” tandasnya.

Bogor Street Festival (CGM) 2020, Sabtu (8/2/2020). (Foto: Dede Mamad)

Festival yang slalu diadakan tiap tahunnya mengangkat Tema “Ajang Seni Budaya Persatuan Bangsa” menampilkan 25 Kelompok barongsail-liong, beragam tarian daerah serta pawai baju adat 34 provinsi.

Bogor Street Festival Cap Go Meh dihadiri Menteri Parawisata dan Ekomoni Kreatif Wishnu Tama,Gebernur Jawa barat Ridwan Kamil, Kapolda Jawa Barat, Irjen Rudy Sufahria, Wali Kota Bogor Bima Arya, dan para tamu lainnya.

Reporter: Dede Mamad

Editor: A.S Nasution

COPYRIGHT©KANALJABAR 2020

 

 

 

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!