Anggota DPR Baru: Masikah Ada Harapan Baru?

Oleh: Drs. Beddy Iriawan Maksudi M. SI

208

Ciawi, Bogor (KANALJABAR) – Bahasan pada bagian ke satu sebelumnya, telah difokuskan pada masalah yang dikemas dalam sub-tema: “Menyoal Tentang Integritas DPR.” Hal ini dilatari karena masih adanya sejumlah oknum anggota parlemen terjerat kasus korupsi sepanjang tahun 2014-2019. Tentu, ini menjadi salah satu tantangan dan agenda bagi anggota DPR baru untuk kedepannya, bagaimana mengubah citra DPR lama yang identik dengan citra buruk, ke arah yang lebih baik.

Sedangkan, pada kesempatan bagian ke dua ini, penulis akan bahas menyoal sub-tema: ”Masih Rendahnya Disiplin Anggota Dewan”. Mengapa sub-tema ini perlu dimunculkan ditengah pelantikan anggota DPR baru 2019-2024. Jawaban atas pertanyaan ini pasti beragam.

patomas

Bagi penulis sendiri atau mungkin para pembanca yang masih menaruh harapan pada anggota DPR baru ini, tentu agar lebih baik dari sebelumnnya dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Namun, sangat disayangkan fenomina ketidak disiplinan anggota DPR terulang kembali, justru dipertontonkan oleh anggota DPR baru saja dilantik. Ketika anggota Dewan periode 2019-2024 menggelar rapat paripurna perdana, ternyata hanya dihadiri 285 dari 575 anggota DPR yang mentandatangani daftar kehadiran rapat.

Artinya, ada 290 anggota DPR baru absen. Tentu, ini sangat memprihatinkan kita, karena disaat rakyat mengharapkan anggota DPR baru dapat memberikan warna baru dan menjadi pembeda dari yang DPR lama, ternyata belum kesampaian. Karena masih terdapat 50,43 persen yang bolos (sumber detiknews,5/9/2019). Belum anggota DPR yang hadir pun, masih kita pertanyakan; apakah mereka mengikuti rapat dari awal sampai akhir? Fenomina tersebut sungguh menjadi pemandangan awal yang suram, memprihatinkan, dan sekaligus memupuskan harapan rakyat akan adanya perbaikan negeri ini di masa mendatang.

Ini awal yang buruk. Membuat rakyat bisa pesimis setelah anggota dewan yang telah mereka pilih pada pemilu lalu, ternyata tidak hadir ketika Sidang Perdana. Jadi, kita tidak bisa mengharap banyak ketika kultur disiplin menghadiri rapat saja di DPR masih ditempatkan di urutan kesekian. Istilah tekab (teken kabur) ini, yang telah menjadi kebiasaan di DPR periode 2014-2019 lalu, jangan sampai terwarisi di era DPR baru ini. Dan lebih berbahaya lagi kalau nanti kebiasan bolos rapat ini, ketika ada kaitannnya dengan rapat-rapat melaksanakan fungsi legislasi, fungsi budget dan fungsi pengawasan.

Padahal, perlu disadari oleh para anggota DPR baru, bahwa kehadiran anggota DPR dalam Rapat Paripurna Perdana tersebut, adalah penting untuk memperlihatkan keseriusan awal komitmen dalam memulai bekerja sebagai anggota DPR periode baru. Jadi, kita berpikir; Bagaimana mereka mau mengoreksi potret buruk DPR periode sebelumnya? Kalau di awal saja mereka sudah berani mempertontonkan perilaku tidak disiplin dengan mengabaikan kehadiran dalam rapat paripurna? Memang tak semua anggota DPR lama maupun yang baru berperilaku “kurang bertanggungjawab“ seperti itu.

Sebenarnya, masih banyak pula anggota DPR yang masih memiliki dedikasi. Namun, karena nila beberapa titik merusak susu sebelanga, maka jangan disalahkan telah membuat optimisme awal Publik yang penuh harapan, menjadi sirna dan ragu.

Harapan mereka akan dapat membawa perubahan kultur kerja yang professional, dan membangun tatakelola yang dapat menguatkan kapasitas kelembagaan DPR kearah yang lebih baik. Menjadi ragu. Kalau begitu, kita harus bersiap-siap dari sekarang untuk kecewa kembali melihat perilaku mereka yang tidak ada bedanya dengan periode sebelumnya (Bersambung ke bagian 3)

Editor: A. S Nasution

COPYRIGHT © KANALJABAR 2019

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!