Akhir Pekan Ini, Ada Festival Budaya Aceh Digelar di Balai Kota Bogor

146

Kota Bogor (KANALJABAR) – Festival Budaya Aceh 2019 bertemakan ‘Dari Bogor, Saleum Aceh Untuk Indonesia’ yang diinisiasi Komunitas Taman Iskandar (TMI) Wilayah Bogor dipastikan berlangsung meriah, karena akan menampilkan beragam kuliner, seni dan budaya khas Aceh.

Acara yang dipusatkan di Balai Kota Bogor, Sabtu (19/10/2019) mendatang ini akan dihibur berbagai rangkaian acara, mulai dari lomba memasak khas Aceh (Mie Aceh dan Sie Itek). Ada pula tarian Aceh, mulai dari Saman, Ratoh Jaroe, hingga penampilan penyanyi kesohor Aceh, Rafli Kande dan Rapai Pasee.

patomas

Ketua Pelaksana Festival Budaya Aceh 2019, Muzakkir Abdullah menuturkan, ada dua sesi acara, yakni acara pembukaan dan Gala Dinner. Untuk pembukaan akan dimulai pukul 08.00 WIB – 17.30 WIB yang diisi berbagai acara, seperti pameran, bazar, lomba masak Sie Itek (bebek), lomba masak Mie Aceh, talkshow dan hiburan.

“Ada 40 tenant yang ikut di bazar kuliner khas Aceh. Selain itu akan ada lomba memasak Mie Aceh untuk muspida dan lomba masak Sie Itek memperebutkan Piala Ibu Gubernur Aceh dengan jumlah 14 peserta,” katanya, Kamis (17/10/2019).

Untuk sesi acara Gala Dinner makanan khas Aceh, akan ada sambutan dari Wali Kota Bogor Bima Arya dan Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Kurang lebih ada 100 orang tamu undangan yang akan menghadiri, termasuk Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh dan Anggota DPR RI.

“Nanti akan ada special performance dari pihak Pemkot Bogor yang diwakili Camat dan Lurah menarikan Tari Saman,” kata Muzakkir.

Direktur Utama (Dirut) PD. Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor ini menyatakan tujuan digelarnya acara yang pertama kali ini digelar ini, yakni sebagai wadah silaturahmi antara warga Bogor yang berasal dari Aceh dengan warga Bogor khususnya.

“Karena kami sudah lama tinggal dan mencari nafkah di Bogor,” ujarnya.

Dia menyebutkan, acara ini merupakan kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Pemerintah Provinsi Aceh yang diharapkan menjadi forum yang hangat antara warga Aceh di Bogor dengan masyarakat dan pemerintah daerah.

“Harapan kami pengunjungnya bukan hanya dari warga asal Aceh saja, tetapi masyarakat umum pun diperbolehkan hadir,” tuturnya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengajak semua komponen masyarakat Aceh untuk hadir pada acara tersebut. Hal itu disampaikannya dalam sebuah video yang diunggahnya di media sosial.

“Yang mencintai budaya Aceh, silahkan menghadiri acara Festival Budaya Aceh, Sabtu 19 Oktober 2019 mendatang di Kota Bogor, Jawa Barat. Saleum Aceh untuk Indonesia,” katanya.

Editor: A. S Nasution

COPYRIGHT © KANALJABAR 2019

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!