5 Tips Mengatasi Lapar Saat Puasa

104

KANALJABAR – Puasa selain menjadi bentuk ibadah, nyatanya juga terbukti baik untuk kesehatan. Salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi saat menjalankan ibadah puasa adalah menahan rasa lapar dan haus. Bagi sebagian orang, mungkin akan merasa kesulitan dalam menahan rasa lapar saat berpuasa. Hal ini umumnya disebabkan karena kebiasaan makan dan ngemil yang dilakukan dalam keseharian harus berubah saat bepuasa.

Jadwal makan yang biasanya rutin dilakuan secara tiga kali sehari, harus disesuaikan dengan waktu berbuka dan sahur. Meskipun nampak terdengar tidak mudah, Anda harus bisa mengatasi lapar saat puasa agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk.

Bagaimana cara mengatasi lapar saat puasa?

Berikut ini adalah 5 tips mengatasi lapar saat puasa yang bisa Anda lakukan selama bulan ramadan.

  1. Kendalikan nafsu makan

Dengan merasakan lapar, Anda mampu mengukur seberapa banyak makanan yang nantinya akan Anda konsumsi saat berbuka agar bisa mengembalikan asupan tenaga Anda setelah seharian menahan haus dan lapar. Hal inilah yang akan membantu Anda untuk mengendalikan nafsu makan selama berpuasa.

  1. Menyibukkan diri
Baca Juga:   Cegah Penyakit DBD, Sembilan RW di Kelurahan Dumek Depok Difogging

Mengatasi lapar saat puasa bisa dilakuan dengan cara menyibukkan diri Anda. Lakukan hal yang membuat Anda lupa dengan rasa lapar hingga saatnya waktu berbuka. Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan agar tetap produktif daripada hanya menghitung jam menuju waktu berbuka. Jika Anda salah satu yang hobi berolahraga,

Anda bisa melakukan olahraga jogging 30 atau 60 menit menjelang berbuka. Selain itu, Anda juga melakukan hal lain yang menyenangkan seperti membaca, menonton TV/film, bermain games dan lain sebagainya.

  1. Acuhkan segala bentuk godaan

Wajar jika Anda tergoda dengan harum makanan dan minuman yang mungkin ada di dekat Anda. Bahkan tidak jarang, harum makanan dan minuman tersebut bisa dibilang sebagai godaan paling besar saat Anda memang sedang berada dikondisi sedang lapar-laparnya. Namun Anda harus ingat, jika Anda mampu melewati godaan tersebut sekali, maka pasti Anda bisa menakhlukan godaan-godaan yang sejenis nantinya.

  1. Meditasi
Baca Juga:   RSUD Depok Tangani Bayi Lahir Kembar Tiga

Berpuasa juga bisa dijadikan alat untuk Anda bermeditasi. Meditasi merupakan salah satu cara untuk melawan rasa lapar selama Anda puasa. Jika Anda rutin melakukan meditasi saat puasa, maka efeknya akan memberikan rasa lebih santai dan tenang dalam diri Anda. Hal ini juga bisa menjadikan Anda lebih menikmati proses puasa selama seharian, sehingga tidak menjadikan puasa sebagai beban.

  1. Fokus ke manfaat puasa

Puasa merupakan sarana untuk mengobati dan membersihkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Puasa secara tidak langsung akan memiliki dampak pada otak, suasana hati dan sikap Anda terhadap makanan karena berhubungan dengan niat dan komitmen untuk menjalankan ibadah. Itu sebabnya, saat berpuasa semua kendali atas segala perasaan lapar ataupun haus ada dalam diri Anda sendiri.

Baca Juga:   YKI Depok Siap Bersinergi Menyelamatkan Wanita Dari Kanker

Jenis kendali yang Anda butuhkan ini sangat diperlukan untuk mengatasi rasa lapar dan membuat Anda lebih kuat dalam menjalani ibadah puasa selama seharian. Jadi ada baiknya Anda mengendalikan perasaan tersebut dengan perasaan yang positif, sehingga efeknya Anda pun akan ikut merasakan hal positif juga.

Selain itu, puasa juga merupakan salah satu cara yang cukup efektif bagi Anda agar bisa mengontrol emosi dalam diri. Nah dengan mengingat manfaat berpuasa ini, niscaya Anda akan merasa lebih mudah untuk menjalaninya.*

Editor: A. S Nasution

COPYRIGHT © KANALJABAR 2019

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!