6 Makanan Ini Mampu Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

85

KANALJABAR – Masalah bau mulut biasa muncul ketika kita sedang puasa, ini karena selama seharian kita tidak makan dan minum. Tak hanya karena masalah mulut dan gangguan kesehatan pencernaan yang menyebabkan terjadinya bau mulut. Namun, tahukah Anda ternyata makanan yang dikonsumsi saat makan sahur atau buka puasa juga bisa mempengaruhi bau mulut.

Bau mulut bikin kita tidak percaya diri dan malu saat berbicara dengan orang lain. Berikut ini adalah makanan-makanan yang sebaiknya dikonsumsi baik saat sahur atau berbuka untuk membantu menghilangkan bau mulut tidak sedap ketika puasa.

Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengurangi bau mulut. Yoghurt mengandung probiotik, yakni bakteri baik yang mampu melawan bakteri dan mencegah pertumbuhan bakteri yang terdapat di rongga mulut, sehingga mencegah terjadinya bau mulut.

Baca Juga:   Iwa Himbau Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya di Pemilu 2019

Teh Hijau

Secangkir teh juga bisa jadi senjata ampuh untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Teh hijau mengandung antioksidan berupa zat polyphenol yang berguna untuk meruntuhkan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung zat aktif bernama catechins yang dapat menghilangkan plak di gigi, yang juga menjadi salah satu penyebab bau mulut. Sebaiknya, konsumsi the tanpa gula ya Bu, karena gula berisiko menempel pada gigi sehingga menimbulkan plak.

Apel

Apel adalah salah satu buah-buahan yang tepat untuk melawan bau mulut yang tidak sedap. Mengunyah apel dapat membantu memproduksi air liur yang menciptakan pembersih mulut alami, sehingga membantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. Apel juga dapat memberikan kelembapan pada mulut yang diperlukan untuk menghilangkan bakteri. Selain itu, apel dan bayam juga mengandung polifenol yang menjaga kesehatan rongga mulut.

Baca Juga:   Kang Iwan Hadiri Festival Minapolitan 2019

Peterseli

Jangan remehkan hiasan peterseli pada makanan ya Bu. Tahukah Ibu, ternyata peterseli bisa bermanfaat untuk menyegarkan nafas kembali. Cukup kunyah tangkai peterseli dan napas pun akan segar kembali. Tak hanya di mulut, peterseli juga memiliki kandungan herbal yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan memberi sensasi segar di perut.

Jeruk, Lemon, Tomat

Buah-buahan di atas kaya akan kandungan vitamin C yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut dan menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Vitamin C ini juga sangat baik untuk dikonsumsi agar terhindar dari penyakit gusi yang juga merupakan faktor penyebab bau mulut.

Air Putih

Ini adalah cara paling sederhana namun ampuh untuk mengurangi bau mulut. Tidak adanya asupan cairan yang masuk akibat berpuasa membuat kerongkongan kering, sehingga bakteri penyebab bau mulut pun dengan mudah berkembang dan bertahan hidup di tempat yang kering. Oleh karena itu, membasahi kerongkongan sesering mungkin adalah cara ampuh untuk menangkal bau mulut. Banyak minum air putih akan merangsang saliva dengan baik untuk memproduksi air liur yang berfungsi juga sebagai cairan pembersih. Oleh karena itu, saat minumlah air putih minimal sebanyak 8 gelas per hari saat sahur dan berbuka puasa.*

Baca Juga:   SMA Negeri 1 Cibungbulang Siap Selenggarakan UNBK 2019

 

(Red/KJ)

 

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!