18 Guru di SMP Negeri 1 Caringin Ikuti Seminar PTK

469

CARINGIN, BOGOR – SMP Negeri 1 Caringin, Kabupaten Bogor menggelar seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Ruang Aula sekolah setempat, Rabu (12/9/2018).

Kepala SMP Negeri 1 Caringin, Yusuf SPd mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban seorang guru dalam upaya meningkatkan profesionalitasnya sebagai seorang guru, disamping juga sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat.

patomas

“Alhamdulillah, SMP Negeri 1 Caringin adalah sekolah pertama di Kabupaten Bogor yang meluncurkan program fasilitasi guru dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Best Practice, dengan jumlah 18 guru yang berasal dari dua sekolah yakni 16 guru berasal dari sekolah ini, dan dua guru lainnya dari SMP Negeri Megamendung 2,” kata Yusuf kepada Kanaljabar.com di sela-sela berlangsungnya seminar tersebut, Rabu (12/9/2018).

Lanjut dia, seminar kali ini beretemakan “Hubungan manajemen pengunaan metedologi hypnoteaching dan motivasi belajar untuk meningkatkan prestasi bagi siswa SMP Negeri 1 Caringin, Kabupaten Bogor”.

Pasalnya metode hypnoteaching ini menurutnya, merupakan tehnik dan seni mengajar yang menggunakan sugesti-sugesti positif dengan cara merubah gelombang otak yang menjadikan proses pembelajaran semakin efektif dan siswa juga merasa lebih nyaman dan penuh rasa ketertarikan, sehingga sangat menunjang terhadap proses pembelajaran anak menjadi cerdas.

Sementara itu, Pengawas Pendidikan SMP Kabupaten Bogor wilayah Caringin, Rizki Sandra menambahakan, pihaknya merasa senang dan bangga bahwa SMP Negeri 1 Caringin merupakan sekolah pelopor pertama yang memfasilitasi guru dalam hal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena sekolah ini sudah terbukti memiliki metode karya ilmiah sendiri.

“Mudah-mudahan melalui PTK ini, para guru yang ikut langsung dalam seminar tersebut dapat menambah kredit point untuk syarat kenaikan pangkat,” jelas Rizki.

Ia menambahkan, untuk kenaikan pangkat, para peserta harus melampirkan sertifikat, kemudian diisi siapa pematerinya, modul PTK nya apa?, tanggal dan tempat pelaksaanaan, serta di tanda tangani oleh kepsek langsung.

“Bagi peserta yang belum beruntung untuk tidak putus asa dan mereka mau mengulang kembali di PTK berikutnya,” pesan Rizki.

Reporter: Sandy

 

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!