120 NaKes Bekasi Dilatih Deteksi KJM Bersama FIK UI dan RSMM

106

Bekasi (KANALJABAR) – Sebanyak 120 orang tenaga kesehatan (Nakes) se-Kabupaten Bekasi yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan, mendapatkan pelatihan deteksi kesehatan jiwa masyarakat (kjm) dengan narasumber perawat konsultan jiwa dari Fakultas Illmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI) bersama Rumah Sakit Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM). Pelatihan tersebut berlangsung di lantai-2 salah satu hotel ternama di bilangan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (7/11/2019).

“Terimaksih kepada para narasumber yang telah membagikan ilmu serta pengalamannya, saya berharap, semua peserta pelatihan pada hari ini bisa meng-aplikasikannya dalam pelayanan kesehatan  jiwa di masyarakat,” ungkap dr. Irfan Maulana selaku Kabid P2PL pada Dinkes Kabupaten Bekasi dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut.

patomas

Irfan juga membeberkan bahwa terrdapat sebanyak 1169 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) telah terdata di Dinkes yang tersebar si 23 kecamatan, 44 puskesmas se-kabupaten Bekasi dan siap dilakukan assesment, pemeriksaan dan pengobatan di puskesmas hingga rujukan ke RSUD bahkan rujukan ke RSMM jika itu diperlukan.

Berdasarkan pantauan Kanaljabar.com, acara pelatihan yang di koordinir oleh Bidan Sri Meilia tersebut menghadirkan narasumber ialah Ns. Ice Yulia Wardani sebagai Perawat Konsultan Jiwa dari FIK-UI dengan jargon nya yang khas yakni “Jernih Fikiranku, Bahagia Hatiku, Kuat Badanku dan Tuntas Kerjaku” menyuguhkan materi tentang kesehatan jiwa di komunitas. Begitu pula dari pihak RSMM, Iyep Yudiana, tak ketinggalan dengan jargon khas nya yaitu “Stop Pasung, Sehat Jiwa : Pulih, Produktif dan Mandiri” membawakan materi tentang penanganan ODGJ di masyarakat.

Peserta tumpah ruah sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut.

“Harapannya, dari kegiatan pelatihan ini, para tenaga kesehatan lebih mampu mendeteksi, melaporkan, memeriksa, menangani bahkan melakukan rujukan kesehatan jiwa,” pungkas Iyep Yudiana.

Reporter : Wandona

Editor: A. S Nasution

COPYRIGHT © KANALJABAR 2019

Silakan Berkomentar lewat Facebook
error: Content is protected !!